SPARE YOUR TIME


Ehm... Kawan, ini memang bukan sekedar cerita atau seperti apa yang kalian pikirkan, ada permasalahan yang ku alami secara natural dalam berkarya dan berimajinasi, walau sedikit agak basa-basi, gua hanya ingin meluangkan sedikit waktu gua dalam mencari ilustrasi baru, dan sedikit share tentang tips-tips yang kalian rasa sangat membosankan, karena hanya segelintir orang saja yang memiliki minat dalam bidang penulisan, sebenarnya sih gua juga tidak tahu dari mana asalnya bahwa gua ini suka dengan menulis cerita, entah dari mana, tetapi semua yang gua lakukan dalam keseharian gua membawa inti atas kebenaran dalam hobi.
 Yups, Kawan, ketika lo merasa bahwa lo bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya belum pernah kalian sentuh, tetapi hasilnya sangat memuaskan, justru itulah kemampuan kalian yang selama ini bersembunyi di dalam diri kalian, O.K, ini pengalaman gua, Hmmm... Sebenarnya gua berusaha mengingat dari mana ini datang ya... 

 Gua ingat, ketika gua malas banget baca, gua hanya sekedar iseng melihat novel, justru novel yang gua senangi mulai dari yang aneh-aneh, lucu-lucu, bahasa yang tanpa memiliki sensor, sampai yang berbahasa baku sekalipun, walau agak sedikit jenuh, tapi ketika itu, awal pengalaman gua adalah novel 5cm karya Donny Dhirgantoro, karena begitu menariknya cerita yang terkandung, bukan hanya alur yang gua nikmati ketika membaca, tetapi latar suasana dan itu menjadi nyata, ketika adegan terharu dan itu sangat terbayang di pikiran, itulah yang gua suka dalam membaca novel. Seketika tangan gua ingin bergerak, tak betah hanya membaca, gua ingin juga seperti Donny yang membuat alur begitu meriah dan memukau, dengan sangat percaya dirinya, gua mengambil buku kosong dan pulpen yang selalu gua bawa setiap harinya dan ke manapun gua berada, pulpen itu pasti tersangkut di kerah leher baju gua, pulpen yang gua pakai sih berwarna merah, jadi lumayan merusak mata untuk melihatnya.

 1. Jika ada waktu senggang, sempatkanlah untuk membaca.
 2. Untuk Penulis, membaca tidak hanya sekali, namun berkali-kali.
   2.a (1) Membaca sebagai Pembaca.
   2.b (2) Membaca sebagai Pengamat.
   2.c (3) Membaca sebagai Penulis.

 Kadang kala membaca itu asyik dan... yah, seperti yang pernah kalian rasakan, bagi yang senang membaca, tak ada salahnya jika kalian mencoba mengasah apa yang kalian baca, misalkan kalian senang membaca novel, apa yang terkandung di dalamnya, moral-moral yang disampaikannya, dan itu semua coba kalian manfaatkan sebagai sumber untuk menulis. Gua bisa menempatkan diri sebagai penulis, tetapi gua belum bisa menjadi penulis   yang itu benar-benar penulis. Di samping gua hanya melihat novel, membaca atau semacamnya, gua juga senang melihat film-film bergenre drama, action dan segala macam, karena dari itu bayanganku dalam mewujudkan cerita dengan latar dan segala macam akan lebih kuat lagi.

 Beberapa hari yang lalu, gua sempat membuat cerita tentang diri gua, dan proses pembuatannya terasa sangat mudah, karena semua yang diceritakan sesuai apa yang Gua rasakan dan Gua lakukan, itulah mudahnya membuat cerita realita dibanding harus mengarang sebuah fiksi yang kadang tak tergambarkan bagaimana maksudnya, namun itu hal yang mudah selain kita harus berletih-letih mencari job atau segala macam demi pembuatan cerita.

 Ada saran yang ingin gua sampaikan, untuk menjadi penulis lebih baik tak ada paksaan sedikit pun, karena imajinasi dalam pelukisan kata-kata lebih sulit dibanding melukis dengan cat air. kata-kata bisa kita buat nampak seperti lukisan, dan lukisan dalam kata-kata itu lebih terlihat realistis dan lebih mencolok dari lukisan cat. mungkin dari apa yang telah gua sampaikan, ada yang memiliki minat dalam hal penulisan atau karya-karya yang lain, silakan... lakukan sesuai kehendak dengan pemikiran yang positif.
 Ada banyak cara untuk kalian berjalan di atas jalan setapak seorang penulis, karena dengan membaca kita mengerti segala hal, dan dengan berkarya kita memanfaatkan hasil dari apa yang kita baca.

 "With Reading, we can 'round the universe... with practicing what we read, we can make it universe!"


Created By. Muhammad Iqbaludin

Share:

0 comments